top of page
Search
  • Writer's pictureSaka Labid

Fungsi Uji Stabilitas Climate Chamber


Fungsi Uji Stabilitas Climate Chamber
Fungsi Uji Stabilitas Climate Chamber

Climate Chamber adalah alat laboratorium yang berfungsi untuk uji stabilitas bahan/zat aktif/eksipien dan sediaan farmasi berupa tablet, granul, serbuk, kapsul), yang disimpan dalam kondisi RH, suhu dan waktu tertentu. Climate Chamber sekilas mirip dengan oven/incubator dimana anda bisa mendapatkan alat ini dari PT. SAKA selaku distributor terbesar di Indonesia yang Jual Climate Chamber. Untuk produk berupa Climate Chamber terdiri dari banyak menu display dan dilengkapi dengan softwere yang bisa disambungkan (LAN) ke komputer. Sehingga alat ini dapat diprogram/diseting dan dipantau secara komputerise. Secara umum menu display terdiri dari seting program waktu, temperature dan RH (Relative Humidity). Terdapat ruangan chamber (test section) untuk menempatkan benda uji (lemari pendingin) yang dilengkapi dengan pintu (door). Di bagian bawah terdapat evaporator yang berfungsi untuk mendinginkan suhu udara yang mengalir melaluinya. Terdapat humidifier yang berfungsi memberikan kelembaban untuk ruangan chamber. Fans memiliki fungsi sebagai pendorong aliran udara sehingga tercipta sirkulasi secara berkesinambungan. Heaters merupakan elemen pemanas untuk memanaskan udara yang akan dialirkan kedalam chamber. Untuk itu berikut uji stabilitas pada alat climate chamber :


1. Uji stabilitas jangka pendek (dipercepat).

Uji stabilitas jangka pendek dilakukan selama 6 bulan dengan kondisi ekstrim (suhu 40±20C dan Rh 75% ± 5%). Interval pengujian dilakukan pada bulan ke – 3 dan ke-6.


2. Uji stabilitas jangka panjang (real time study).

Uji stabilitas jangka panjang melalui waktu kadaluwarsa produk yang tertera di kemasan. Pengujiannya dilakukan setiap 3 bulan sekali pada tahun pertama dan setiap 6 bulan sekali pada tahun kedua. Pada tahun ketiga dan seterusnya, pengujian dilakukan setahun sekali.


Cara pengoperasian Climate Chamber membutuhkan banyak waktu karena banyak menu display yang harus diseting yaitu meliputi waktu, suhu dan RH-nya. Kemudian bahan/zat aktif/eksipien dan sediaan farmasi dimasukkan kedalam Climate Chamber. Pada interval waktu yang diinginkan sampel disampling kemudian diamati perubahan yang terjadi baik secara física maupun secara kimiawinya (sesuai yang diinginkan). Oleh karena itu terdapat beberapa fungsi Climate Chamber/Climatic Chamber untuk anda ketahuii :


1. menguji stabilitas bahan/zat aktif/eksipien dan sediaan farmasi, sediaan solid (tablet, granul, serbuk, kapsul), semi solid (salep, krim, gel, pasta, suppositoria) maupun sdiaan liquid (larutan, emulsi, suspensi, dll) yang disimpan dalam kondisi RH, suhu dan waktu tertentu.


2. menguji stabilitas yang dipercepat(accelerated test), misalnya uji dengan dinaikkan suhu penyimpanannya (misal pada suhu 40, 50, 60 derajat C), atau RH yang dinaikkan (misal 75%) diuji dengan paparan cahaya (photolysis) atau kombinasi ketiganya dan diuji stabilitas yang diamati baik stabilitas secara fisika maupun secara kimiawi.

118 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page